header

Cek Harga Mie Tarempa Batam Terbaru, Ini 6 Oleh-oleh Khas Batam

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Penggila kuliner mie tumis, wajib mencoba mie tarempa kalau bertandang ke Batam. Jangan khawatir, harga mie Tarempa Batam sangat ramah di kantong.

Selama ini Batam terkenal dengan surganya belanja elektronik. Namun Batam juga menyimpan surga kuliner yang menggugah lidah. Banyak kuliner Batam yang sayang kalau dilewatkan. Salah satunya adalah Mie Tarempa.

Mie Tarempa Batam adalah salah satu penganan mie yang dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu rempah khas ditambah daging ikan di atasnya. Sekali mencoba Mie Tarempa, Mom Queen yakin kamu akan ketagihan.

Harga Mie Tarempa Batam sangat terjangkau. Wajar saja jika banyak sekali penggemar mie tarempa. Kalau kamu berkunjung ke Batam, pastikan kamu mencobanya ya :)

Apa saja Makanan Khas Batam?


Makanan khas Batam

Banyak sekali kuliner khas Batam yang bisa dijumpai di Batam. Beberapa makanan khas Batam berikut ini bisa jadi menu yang boleh dicoba ya.

1. Mie Tarempa

Mie Tarempa Batam adalah masakan yang berasal dari mie yang dimasak dengan cara ditumis dan ditambahkan daging ikan di atasnya. Meskipun saat ini sudah ada varian daging sapi atau seafood tapi menurut Mom Queen mie tarempa original tetap saja lebih menggoda.

Citarasa khas Melayu berpadu dengan rempah tiongkok berakhir sempurna dalam semangkuk hidangan mie tarempa. Disantap selagi hangat ditambah irisan cabai dan bubuk kaldu ikan diatasnya, hmm saya yakin lidah kamu nggak berhenti bergoyang.

Mie tarempa tersedia dalam pilihan kuah yakni mie tarempa basah, kering, atau lembab. Varian ini mencitrakan banyaknya kuah yang kamu sukai ya Moms. Kuah mie tarempa yang berwarna kuning orange dapat dipastikan menggoda mata dan lidah seketika.

Ketika sudah mencicipinya, rasa asin, gurih, manis, dan pedas sukses bikin mata ngantuk jadi melek seketika. Setelah menikmati mie tarempa Batam, jangan lupa minta minum teh obeng yaitu es teh manis ya hehe.

Harga Mie Tarempa Batam

Harga Mie tarempa Batam saat ini mulai dari Rp 20.000,- per porsinya. Untuk harga ini bisa berbeda-beda setiap toko, tergantung topping apa yang kamu pesan. Mie tarempa seafood tentu saja lebih tinggi dari harga topping lainnya. Tapi saya sarankan sebaiknya kamu pesan mie tarempa original sebelum mencoba varian lainnya.

2. Luti Gendang

Luti gendang

Luti gendang atau biasa disebut roti gendang merupakan makan oleh-oleh khas batam yang cukup familiar. Kalau kamu ke Batam, tak lengkap jika belum mencoba kuliner khas tanah melayu ini.

Luti gendang adalah roti goreng yang berisi abon ikan tongkol. Rasa asin, manis, pedas, bercampur dalam satu gigitan roti yang nikmat. Luti gendang dibuat dengan bumbu khas rempah melayu.

Banyak sekali toko-toko khas oleh-oleh Batam yang menjadikan luti gendang sebagai salah satu kuliner yang bisa dibawa pulang ke kampung halaman.

Berapa harga Luti Gendang Batam?

Harga luti gendang Batam dijual per 25 pieces mulai dari Rp 95.000,- atau Rp 2.500,- per buah. Kamu bisa memesan luti gendang yang sudah digoreng atau goreng setengah matang, bahkan mentah jika ingin dibawa pulang ke kampung.

Luti gendang bisa tahan hingga 2 bulan di freezer. Pada suhu normal, luti gendang yang sudah digoreng bisa tahan hingga 7 jam atau hingga 7 hari jika di simpan di dalam kulkas fridge.

3. Otak-otak

Otak-otak Batam

Otak-otak merupakan salah makanan khas Kepri yang awalnya banyak dijual di Tanjungpinang atau Tanjung Balai Karimun. Namun kini, penganan yang dibungkus dengan daun kelapa dan dibakar ini kemudian banyak juga ditemukan di Batam. Bahkan di restaurant seafood Batam sudah banyak dijajakan otak-otak Batam.

Otak-otak dibuat dengan daging ikan yang dihaluskan dicampur dengan bumbu khas melayu yang dicampur dengan santan atau kelapa. Karena daging ikan dan rempahnya dibuat secara homemade, makanya otak-otak tidak bisa tahan lama. Otak-otak hanya bisa tahan selama 24 jam saja, itu pun harus masuk ke dalam kulkas.

Harga Otak-otak Khas Batam

Harga otak-otak khas Batam dijual seharga Rp 1000,- per piece nya. Kamu bisa memesan otak-otak mentah untuk dibakar sendiri di rumah. Tetapi kalau saya, lebih memilih membeli otak-otak yang sudah dibakar, kemudian bisa dihangatkan setibanya di rumah.

4. Gonggong

Gonggong

Gonggong adalah sejenis makanan laut jenis keong. Gonggong dimasak dengan cara direbus ditambah dengan rempah agar baunya tidak terlalu amis. Cara memakannya cukup dengan mencongkel bagian isi menggunakan tusuk gigi. Rasa daging gonggong yang gurih sungguh nikmat dimana

Harga satu porsi gonggong di Batam

Harga satu porsi gonggong di restaurant seafood Batam mulai dari Rp 35.000,- satu porsinya. Harga ini cukup terjangkau untuk mendapatkan harga sepiring gonggong lengkap dengan sambal terasi yang khas. Kamu tinggal menikmati lezatnya gonggong rebus yang disantap dengan pedasnya sambal terasi.

5. Roti jala

Roti jala adalah makanan yang berasal dari tepung yang dibentuk mirip seperti jala ikan dan dimakan dengan kuah kari yang kental. Kalau kamu biasa makan roti prata, maka roti jala mirip seperti roti prata India tetapi dengan tekstur yang lebih lembut.

Semakin banyaknya peminat roti jala, makanan ini menjadi salah satu makanan khas tanah melayu. Kini roti jala dapat dinikmati dengan juga dengan varian kuah durian sebagai pengganti kuah kari. Tetapi kalau saya lebih menyukai kuah kari dibanding kuah durian hehehe

Berapa harga Roti jala di Batam?

Harga seporsi roti jala dengan isi 4-5 roti dijual mulai dari Rp 10.000,- saja. Kalau kamu ingin mencicipi rasa roti jala, kamu bisa mengunjungi kedai makanan khas melayu yang ada di Batam. Penjual roti jala sudah banyak tersebar di Batam.

6. Roka-roka

Ke Batam kurang lengkap jika tak membawa snack favorit di Batam, yaitu Roka-roka. Nama roka-roka merupakan merek sebuah wafer bersalut coklat yang berbentuk seperti bola. Nyaris tak ada pelancong yang tak mengenal makanan ini jika ke Batam. Sebenarnya ini bukan produk asli Batam, tetapi merupakan produk impor asal negeri tetangga, Malaysia.

Karena letaknya kota Batam bersebelahan dengan negeri jiran, maka banyak penganan ringan yang berasal dari Malaysia, Singapore, bahkan Thailand. Tak jarang orang yang datang ke kota Industri ini membawa pulang roka-roka sebagai oleh-oleh dari Batam.

Berapa harga roka-roka di Batam?

Harga Roka-roka Batam untuk kemasan isi 50 pcs harganya mulai dari Rp 46.000,- saja. Selain roka-roka ada lagi jenis snack kacang campur yang merupakan makanan ringan juga kerap dijadikan sebagai oleh-oleh khas Batam.

Sudah Tahu Makanan Khas Batam Untuk Oleh-oleh?


Jadi kamu sudah tahu kan makanan khas Batam yang bisa dijadikan oleh-oleh? Sebaiknya pilih jenis makanan yang tahan lama, tidak cepat basi, serta aman dibawa selama perjalanan. Tinggal pilih saja dari referensi di atas yang bisa kamu berikan sebagai oleh-oleh khas Batam.

Kamu bisa memperkirakan lamanya perjalanan kamu. Meskipun jenis otak-otak termasuk makanan yang mudah basi, tetapi jika durasi perjalanan kamu hanya 3-4 jam perjalan, tak masalah bila ingin membuat otak-otak.

Oh ya, meskipun harga mie Tarempa Batam terjangkau, kamu harus mempertimbangkannya kembali bila ingin membawa sebagai oleh-oleh. Dari rekomendasi oleh-oleh khas Batam di atas, kamu berniat membeli oleh-oleh yang mana jika datang ke Batam? Boleh sharing dong!

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

2 comments

  1. Sepertinya harus ke Batam lagi nih untuk cobain mie Tarempa hehehe
    Dulu belum sempat cobain, malah makan mie Aceh

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget sama otak-otak, terus punya temen orang riau dan dia bilang, kalau suka otak-otak coba makan langsung ke riau langsung, rasanya beda banget. Semoga disegerakan bisa makan otak-otak langsung di sana dan eksplorasi hal lainnya disana

    ReplyDelete

Post a Comment