header

Bikin Penasaran! Ini Tarif Les Rumahan 2024 dan Cara Menentukan Tarifnya

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Tarif les rumahan yang terjangkau membuat kita para orangtua lebih memilih les privat ini kan? Saya pun memilih menggunakan les rumahan untuk membantu anak-anak belajar. Saya memutuskan mencari guru pendamping untuk anak untuk anak belajar.

Hal ini semata bukan karena saya tidak mampu mengajari mereka, tetapi karena keterbatasan ilmu dan waktu. Saya menyadari bahwa jika memaksakan akan tidak baik bagi saya maupun anak-anak. Di bab konsistensi, tentu menjadi pe-er utamanya.

Anak-anak membutuhkan guru yang bisa membimbing mereka secara kontinyu. Alasannya karena anak-anak sekolahnya setiap hari, bukan inter mitten. Sedangkan saya, sebagai ibu rumah tangga yang menghandle semua pekerjaan rumah tangga, tentunya memiliki keterbatasan waktu untuk mengajari mereka.

Jadi solusi terbaik yang bisa saya berikan adalah dengan mendelegasikan tugas ini kepada tenaga profesional bertitel guru les. Nah, perkara ini tentunya akan memancing rasa penasaran kamu mengenai berapa tarif les rumahan? Kalau kamu penasaran dengan nominal tarif les rumahan privat, kamu bisa baca tulisan Mom Queen sampai akhir ya :)

Berapa Tarif Les Rumahan?


Biaya les rumahan

Tarif les rumahan tentu saja berbeda dengan tarif les privat di lembaga pendidikan profesional ya. Tarif les rumahan jauh dibawah standar tarif les privat di lembaga pendidikan atau tuition, apalagi untuk tuition yang telah memiliki nama.

Tarif les rumahan saat ini berkisar antara Rp 110.000,- hingga Rp 200.000,- per bulan. Dengan jumlah pertemuan 2-4 kali per minggu. Artinya akan ada 8-16 kali pertemuan dalam satu bulan.

Jika di lembaga pendidikan, tarif les peserta didik dihitung berdasarkan jumlah pertemuan atau jam pelajaran. Sedangkan, pada les rumahan, anak-anak diterapkan sistem jam total atau pertemuan bulanan.

Jika dalam les privat anak atau guru yang berhalangan hadir karena alasan tertentu, tidak akan mengurangi jatah total pertemuannya. Sedangkan jika les rumahan, tidak menghitung secara detail apakah peserta atau guru masuk atau tidak, waktu terus berjalan. Jika sudah satu bulan berjalan maka peserta akan membayar biaya les tersebut.

Kekurangan dan Kelebihan Les Rumahan Privat dengan Les Reguler


Berikut ini plus minus menggunakan les rumahan versus les privat

1. Biaya lebih terjangkau

Biaya les rumahan lebih terjangkau dibanding les privat. Les privat yang bernaung dibawah lembaga pendidikan berbadan hukum tentu menggunakan skema perhitungan biaya yang lebih tinggi.

2. Jumlah pertemuan dihitung per bulan

Banyaknya pertemuan dihitung secara akumulasi dalam waktu satu bulan. Sedangkan les privat dihitung berdasarkan jumlah pertemuan yang dihadiri.

3. Sistem belajar

Jika menggunakan les rumahan, anak-anak tetap melakukan pembelajaran dalam kelompok dengan teman sebaya, namun bedanya dalam kelompok kecil. Jumlah kelompok belajar dalam les rumahan berjumlah 3-4 orang saja.

Sedangkan pada les privat, sistem pembelajarannya dilakukan secara one on one atau satu guru satu murid. Dengan sistem pembelajaran ini, guru tentu lebih mengetahui permasalahan murid serta bisa mencari akar masalahnya.

Dengan menggunakan les privat, anak-anak yang belum terbiasa belajar secara kelompok, lebih nyaman belajar secara privat. Mereka juga tidak segan untuk bertanya langsung pada guru lesnya. Anak-anak yang mengikuti les privat juga cenderung lebih mudah berinteraksi dengan guru, dibanding ketika ada orang lain.

Itulah mengapa orang tua yang mengetahui kekurangan dan kelebihan anaknya akan memilih Les privat dibanding les regueler. Nah kamu penasaran nggak berapa haji guru les privat per jam? Yuk kita lanjut lagi ya.

Berapa Gaji Guru Les Privat Per Jam?


Mengutip dari jobstreet.com gaji guru les privat berkisar antara Rp 3,8 juta hingga Rp 5,5 juta per bulan. Total pendapatan ini didapat dengan 40 jam kerja per bulan. Jika dihitung, penghasilan per jam guru les privat adalah Rp 95.000,- hingga Rp 137.500,- per jam.

Dengan persyaratan guru les memiliki kualifikasi merupakan lulusan universitas setara diploma 3 atau strata 1, menguasai kurikulum nasional maupun internasional, mampu dan fasih berbicara bahasa inggris (nilai plus), serta mampu menyusun silabus materi pembelajaran dengan baik.

Faktor yang Memengaruhi Besar Kecilnya Biaya Les Privat dan Les Rumahan


Les privat rumahan

Moms, perlu kamu ketahui bahwa meskipun sedang mengajar les rumahan, kamu juga bisa memberikan les privat lho. Les privat adalah sistem pembelajaran yang dilakukan secara one on one. Kamu bisa memberikan les privat untuk anak usia sekolah TK hingga SMA.

Les privat lebih digemari oleh para orang tua dibanding les reguler. Hal ini dikarenakan pengajar lebih fokus terhadap permasalahan si anak.

Nah, kalau kamu adalah seorang guru les rumahan atau kamu berencana membuka les privat secara mandiri, kamu bisa membuka les privat secara mandiri. Bagaimana cara menentukan tarif les privat per jam?

Sebelumnya kamu perlu tahu dulu bahwa biaya les privat atau tarif les rumahan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Jumlah murid

Semakin sedikit jumlah murid yang diajar, maka biaya les akan semakin besar. Semakin sedikit murid, konsentrasi pengajar menjadi lebih fokus ke satu anak saja. Jadi, upaya meningkatkan prestasi anak jauh lebih mudah.

Namun, jika peserta kes semakin banyak, otomatis konsentrasi guru akan terpecah ke banyak anak. Makanya dikatakan bahwa les privat lebih mahal dibanding biaya les regular.

2. Durasi les

Lamanya pembelajaran turut mendukung tinggi rendahnya biaya les. Umumnya durasi les privat dalam satu kali pertemuan sekitar 60-90 menit. Lebih dari waktu ini tentu saja dikenakan biaya tambahan.

3. Tingkat keberhasilan guru

Moms, percaya nggak bahwa secara tidak langsung hasil akhir dalam pembelajaran turut memengaruhi biaya les? Jika peserta didik mendapatkan hasil baik, tentu saja popularitas tempat les menjadi naik.
Banyak orang tua yang tertarik, semakin banyak peserta akan berbanding lurus dengan biaya yang besar.

4. Jarak tempuh

Jarak tempuh dari rumah pengajar dengan murid menjadi pertimbangan kamu menentukan besar kecilnya biaya les rumahan ataupun privat. Les rumahan dengan sistem murid yang mendatangi guru tentu tidak terpengaruh dengan biaya ini. 

Namun jika sang guru yang mendatangi murid, ini menjadi pertimbangan.
Semakin jauh jaraknya, maka biaya akan menjadi lebih besar, karena mempertimbangkan waktu tempuh, serta biaya transportasinya.

5. Kualifikasi pengajar

Semakin tinggi kualifikasi gurunya, biaya les privat menjadi lebih tinggi. Selain itu jumlah mata pelajaran yang diberikan juga menjadi bahan pertimbangan besaran biaya les rumahan dan biaya les privat.

Cara Menentukan Tarif Les Privat Rumahan


Setelah kamu mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi biaya les rumahan maupun les privat, bagaimana cara menentukan tarif les privat rumahan? Step by step berikut ini bisa kamu jadikan acuan.
  • Biaya dasar satu anak untuk 1x pertemuan Rp 100.000,- (Tarif umum Rp 95.000,- sampai Rp 137.000,- per jam)
  • Transportasi pp mengajar Rp 20.000,-
  • Makan dan lain-lain Rp 20.000,-
Total biaya les privat rumahan adalah Rp 140.000,- per pertemuan.

Jika les privat dilakukan selama 3x seminggu, artinya selama satu bulan ada 12x pertemuan. Maka total biayanya sebesar Rp 1.680.000,- (Harga ini berdasarkan hasil survei pribadi dari beberapa rekan yang mengadakan les privat rumahan)

Metode pembayaran bisa dilakukan secara bulanan, mingguan, atau per pertemuan. Jika pembayaran dilakukan secara bulanan kamu bisa memberi diskon. Selain itu jika dalam satu tempat mengajar terdapat 2 anak didik, kamu juga bisa memberi potongan harga juga. Dengan demikian kamu bisa menarik minat banyak orang tua.

Penutup


Moms tapi yang paling penting dari mengajar dan membimbing anak-anak adalah ketika guru les dapat melihat peserta didik menjadi lebih mencintai ilmu. Sehingga anak-anak makin semangat belajar dengan penuh kebahagiaan, bukan dengan penuh tekanan.

Jadi, sudah tahu kan biaya les rumahan maupun les privat berapa? Kamu juga bisa mengukur berapa tarif yang bisa kamu berikan jika berminat menjadi guru les rumahan. Next, baca juga pembahasan tentang kursus bahasa mandarin untuk karyawan ya. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

Referensi:
Rincian Tarif Les Rumahan, Lebih Terjangkau dari Les Online?
https://blog.cakap.com/tarif-les-rumahan/
Detail Biaya Les Privat Per Pertemuan, Perhari, Perbulan 2024
https://www.gurulesprivate.co.id/biaya/
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)
Newest Older

Related Posts

Post a Comment