header

5 Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Bagaimana sih cara menghasilkan uang dari menulis artikel? Sebelum aktif ngeblog di blog Maminca Sharing, jujur saja menjadi penulis lepas atau freelance writer adalah impian saya sejak kecil. Kalau kamu tahu majalah Bobo, saya adalah salah satu pembaca yang gemar mengirim karya kesana. Tapi sayangnya nggak pernah dimuat. Miris ya haha.

Cara menghasilkan uang dari menulis artikel

Tergiur bisa mendatangkan penghasilan hanya dengan mengirim tulisan membuat saya bercita-cita menjadi penulis media. Entah kenapa ketika lulus sekolah, haluan saya berubah. Mungkin karena saya merasa bisa mendatangkan uang dengan cara lain yang lebih mudah.

Tak perlu bersaing dengan banyak orang, setiap bulan pasti terima rupiah. Jadilah saya karyawan perusahaan bertahun-tahun hingga sering disebut sebagai budak corporate.

Namun selepas menikah dan memiliki anak, impian saya bukan lagi sebatas memiliki penghasilan saja, tetapi bagaimana bisa membagi waktu dengan keluarga. Berbeda dengan laki-laki yang makin gila mencari uang ketika memiliki anak, bagi perempuan, uang menjadi nomor sekian ketika memiliki buah cinta. Mereka adalah prioritas utama.

Maka ketika memiliki anak kedua, saya memutuskan untuk melepas status sebagai budak corporate beralih menjadi wakil presiden... rumah tangga haha. Dari sinilah titik start saya menjadi seorang blogger pemula.

Saya tidak menyangka bahwa menjadi blogger bisa menjadi profesi yang cukup menggiurkan untuk menghasilkan cuan. Ya, hanya dengan menulis artikel saja bisa jadi profesi yang mendatangkan penghasilan. Bagaimana cara menghasilkan uang dengan menulis artikel? Kamu perlu membaca detail ulasan Mom Queen berikut ini ya,

Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel


Moms, kalau kamu bertanya kepada saya bagaimana cara menghasilkan uang dari menulis artikel? Saya akan menjawab dengan mudah. Jadilah kontributor media. Maka kamu akan dapat menghasilkan uang dari menulis artikel.

Namun, untuk menjadi kontributor media tak seindah kata-kata! Proses editing yang sangat ketat serta kurasi yang tidak singkat menjadikan pekerjaan sebagai kontributor media tak mudah. Ada banyak kaidah-kaidah jurnalistik yang harus dipatuhi, ada beberapa pos-pos editor yang harus dilewati, barulah artikel bisa naik posting atau terbit.

Lantas, adalah cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bayaran dari hobi menulis? Tentu saja ada! Jadilah blogger atau personal blog.

Jadi Blogger, Jalan Mendapatkan Cuan


Blogger pemula

Blogger adalah orang yang mengelola serta menjalankan suatu website secara pribadi maupun berkelompok. Blog lebih banyak dipilih orang untuk menyalurkan bakat menulisnya karena memiliki peluang menerima bayaran.

Bisa dikatakan menjadi blogger bisa dilakukan siapa saja. Dari berbagai latar belakang pendidikan dan lintas usia, semua bisa menjadi blogger. Syaratnya hanya satu, punya blog serta gemar menulis secara berkala.

Bagaimana cara blogger menghasilkan uang? Ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh blogger untuk menghasilkan uang.

1. Menulis artikel ulasan

Menulis artikel ulasan adalah menulis artikel berupa pandangan atau pengalaman mengenai suatu barang atau jasa dari sisi pengguna. Blogger bisa menambahkan pengalaman pribadi atau pengetahuan umum sebagai tambahan insight dalam tulisan.

2. Content placement

Content placement atau sering disebut juga sponsored post adalah artikel berbayar yang dibuat oleh klien untuk diterbitkan di website pribadi. Artikel ini berisi tautan keluar yang mengarahkan pada alamat website lain.

Artikel placement bisa disunting sebelum di posting. Klien atau brand membebaskan hal ini selagi tidak merubah maknanya. Saya pun demikian, saya selalu mengecek gaya bahasa sebelum diposting. Oh ya, bagi blogger wajib mengecek plagiasi terhadap semua artikel berbayar ya :)

3. Iklan Adsense

Iklan Adsense juga salah satu sumber cuan bagi bloger. Saya pun dulu tertarik dengan dunia blog karena alasan ini. Meskipun jalannya komisi tak sebesar harapan, namun cukup memberi motivasi untuk bisa segera payout.

Oh ya payout adalah jumlah minimum pembayaran yang dilakukan oleh Google terhadap iklan yang diterbitkan oleh publisher. Pemilik blog dalam hal ini bertindak sebagai publisher. Jumlah minimum payout adalah sebesar Rp 1,3 juta rupiah.

4. Banner sponsor

Banner sponsor adalah iklan gambar yang dipasang oleh blogger yang mengarahkan pembaca blog agar mengunjungi website target. Setiap banner yang dipasang di blog memiliki tautan keluar terhadap website lain. Harga pemasangan banner berbeda-beda tergantung seberapa strategis posisinya.

5. Management bloger

Management blogger adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan dari menulis artikel. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus menjadi penulis artikel lho.

Caranya kamu bisa membuka management blogger yakni dengan membawahi beberapa blogger untuk melakukan kampanye tertentu. Skill ini bisa kamu ketahui setelah kamu cukup paham tentang dunia blog ya.

Itulah beberapa cara mendapatkan penghasilan dari menulis artikel. Awalnya menulis artikel lama-lama bisa menghandle banyak blogger. Yang penting, jangan bosan untuk terus belajar ya :)

Namun tidak semua blogger bisa mendapatkan job tersebut lho. Mengapa? Karena klien atau brand menetapkan beberapa syarat sebagai kualifikasi untuk dapat menjalankan sebuah kampanye. Bagaimana agar kamu bisa mendapatkan job blogger? Kita lanjutkan ya :)

Tips Mendapatkan Job Blogger


1. Tingkatkan performa blog

Untuk mendapatkan job bloger kamu harus memiliki performa blog yang baik. Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan blogger, Klien akan melihat jumlah kunjungan (page view) blog, bagaimana penerapan SEO on page, kualitas tulisan, dan masih banyak lagi kriteria lain yang diterapkan klien.

Sepanjang saya menghandle job blogger di sebuah komunitas, takaran jumlah PV yang tinggi masih menjadi syarat utama. Jumlah page view berbanding lurus dengan penerapan SEO on page dan ranking mesin pencari.

2. Perkuat personal branding

Moms, kamu harus ingat bahwa blogger juga termasuk influencer. Dan postingan artikel satu paket dengan postingan media sosial. Paket ini biasa diminta klien untuk sebuah campaign.

Kamu bisa mengoptimasi semua media sebagai personal branding mulai sekarang. Ada banyak jenis media sosial yang bisa dimanfaatkan seperti Facebook, Instagram, TikTok, X, LinkedIn, UGC dan lainnya

3. Rajin update blog minimal 5 postingan perbulan

Blog yang memiliki waktu posting secara konsisten tentu lebih 'disayang' oleh search engine. Mulai sekarang rajin-rajin posting artikel yang bermanfaat ya.

Blognya jangan dibikin nganggur. Waktu terus berjalan. Blog itu membutuhkan biaya perawatan. Jangan biarkan blog hanya ‘ngendon’ saja disitu, tanpa disayang. Buang-buang uang. Kalau bisa membuat 10 postingan per bulan lebih bagus hehehe

4. Extra service

Sebagian klien tidak meminta share sosmed. Namun, alangkah senangnya mereka jika kita bisa memberikan pelayanan tambahan dengan melakukan share sosmed disertai tag dan mention akun mereka. Tentu mereka akan mempertimbangkan kerjasama jangka panjang.

Sebagai contoh ekstra service yang bisa kamu lakukan misalnya dengan memberi PV maksimal. Misalnya jika diminta minimal PV 100, berikan minimal 120 bahkan lebih. Pasti makin diingat oleh mereka.

Oh ya kalau boleh memberi saran, kalau bisa jangan jadi tim deadline. Kamu bisa menyetorkan draft sebelum diminta. Dan jangan lupa untuk membaca 2-3 kali job deskripsi sebelum bertanya.

5. Menulis artikel yang informatif

Menulis artikel yang informatif maksudnya menulis informasi bermanfaat yang dibutuhkan orang banyak. Posisikan diri sebagai pembaca. Jawab kebutuhan pembaca. Tulisan curhat sebaiknya diganti dengan ulasan pengalaman.

Dari sini kamu sudah tahu cara menghasilkan uang dari menulis artikel. Mulailah dengan menulis hal-hal yang kamu sukai dan lakukan setiap hari. Dengan demikian kamu sudah melatih diri untuk terus berkreasi lewat diksi. Sekarang kamu tertarik untuk jadi penulis blog? Semoga bermanfaat:)

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

1 comment

  1. gak nyangka, peluang berkreasi lewat diksi cuannya oke juga ya mbaa.. boleh nih dicoba semuanya...

    ReplyDelete

Post a Comment