header

3 Taman Bermain Anak Gratis di Tanjung Piayu Batam, Sudah Kesini?

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Masa liburan sekolah hampir selesai nih. Jadi liburan ini kemana saja? Alhamdulillah kami sempat jalan-jalan di sekitar tempat tinggal haha. Ya, benar sekali, kami tidak liburan kemana-mana hanya dirumah saja. Jadi sebisa mungkin kami memaksimalkan tempat liburan gratis di Batam.

Nah, kalau tempat liburan gratis di Batam sih selain mall sepertinya nggak banyak ya wkwk. Semuanya berbayar, minimal bayar parkir atau uang masuk. Karena tema liburan kali ini adalah explore lingkungan, maka saya mengajak anak-anak untuk bermain di taman bermain anak gratis di Batam, khususnya Tanjung Piayu.

Taman bermain anak gratis

Bagi kamu yang sedang mencari tempat bermain gratis di Batam, terutama yang dekat dengan lokasi pusat industri Batamindo, maka membaca artikel Mom Queen kali ini akan memberi kamu informasi menarik, yuk!

Minimnya Fasilitas Taman Bermain Ramah Anak di Lingkungan Tempat Tinggal


Bermain adalah hal yang menyenangkan. Anak-anak sampai usia 7 semua kegiatan yang dilakukan nya adalah bermain. Anak hingga usia ini tidak ditekankan untuk belajar atau melakukan kegiatan yang sifatnya membebani pikirannya.

Salah satu tempat terbaik bagi anak untuk bermain adalah taman bermain ramah anak (TBRA) atau playground. Namun sayangnya, jumlah taman bermain anak gratis di lokasi tempat tinggal kami masih minim sekali. Fasilitas umum lebih banyak digunakan sebagai sarana pertemuan atau lapangan olah raga.

"....idealnya memang ada satu Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dalam setiap 250 kepala keluarga. Ini masih menjadi pe-er hingga sekarang" Rohika, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengutip dari Liputan 6.com 21 Juli 2023.


Jika pun ada spot taman bermain anak di lingkungan perumahan, luasnya sangatnya sempit sekali. Bahkan ada lingkungan perumahan yang tidak memiliki fasilitas playground sama sekali. Jika begini, kemana anak-anak akan bermain? Jadi, ketika anak-anak kecanduan gadget bukan sepenuhnya salah mereka, tetapi salah orang tua yang tidak memfasilitasi anak-anak bermain di luar rumah.

Keuntungan Bermain di Taman Bermain Anak (Playground)


Taman bermain anak sebenarnya adalah tempat bermain yang efektif untuk anak. Selain bisa menikmati berbagai jenis permainan yang beragam, anak-anak juga bisa berinteraksi dengan teman sebayanya. Tentu saja ini dapat meningkatkan kemampuannya berkomunikasi, sosialisasi, serta kepercayaan diri mereka

Anak saya yang masih berusia 3 tahun lebih mahir dalam segi berkomunikasi sejak dirinya sering saya ajak bermain outdoor. Bermain di luar membuatnya bertemu dengan berbagai macam level usia, sehingga mau tidak mau dirinya harus bersosialisasi.

Jika tidak bisa bermain main bersama, dirinya tak bisa mendapat giliran memainkan fasilitas umum hehe. Mungkin saja anak saya bisa karena terpaksa, lama-lama menjadi terbiasa. Tidak masalah hehe.

Nah, untuk memfasilitasi anak-anak bermain diluar ruangan, liburan kenaikan sekolah tahun ini saya menjadwalkan bermain outdoor. Bermain outdoor gratis tentunya haha.

Nah, dimana saja tujuan anak-anak bermain selama liburan? Ini dia rekomendasi taman bermain anak gratis di Tanjung Piayu Batam.

Taman Bermain Anak Gratis di Tanjung Piayu Batam


1. Taman Gesya Tanjung Piayu


Taman gesya piayu

Bagi warga Sei Beduk, Tanjung Piayu pasti sudah tidak asing dengan Taman Gesya Tanjung Piayu. Ya, taman yang baru diresmikan tahun 2024 ini merupakan taman outdoor terbaik yang ada di Tanjung Piayu. Mengapa saya mengatakan demikian? Selain memiliki luas lahan yang besar, taman Gesya juga memiliki fasilitas bermain anak yang banyak.

Dibangun di atas bukit dengan view laut Tanjung Piayu, Taman Gesya sangat cocok dijadikan tujuan wisata ramah anak gratis di Batam. Dari lokasi Taman Gesya ini juga, anak-anak dapat menikmati beragam jenis permainan yang memicu kecerdasan kognitif, sosial, dan bahasa.

Tersedia berbagai fasilitas bermain anak seperti ayunan, seesaw, monkey bar, dan beberapa permainan untuk melatih kekuatan otot anak. Namun saya tidak melihat adanya jenis permainan seluncuran (slide) di Taman bermain Gesya Piayu ini. Apa saya skip? Sepertinya memang tidak ada hehe.

Satu lagi nilai plus di Taman Gesya Piayu adalah adanya toilet dan parkir gratis. Lahan parkir yang luas serta terdapat 3-4 toilet umum gratis membuat pengunjung tak perlu khawatir kalau-kalau perlu ke kamar kecil.

Selain itu, di sekitar taman Gesya ini juga terdapat banyak penjual jajanan yang enak. Jadi sembari menunggu anak-anak bermain, orang tua bisa sambil leyeh-leyeh menikmati makanan ringan. Siap-siap uang jajan pokoknya :)

2. Taman Bukit Barelang


Taman bukit barelang

Taman bermain anak gratis di Tanjung Piayu Batam berikutnya adalah Taman Bermain Bukit barelang. Taman bermain anak disini merupakan taman bermain yang terletak di depan perumahan Bukit Barelang View. Meski tidak seluas Taman Bermain Anak Gesya, Taman Bukit Barelang memiliki fasilitas yang lumayan serta view yang cantik.

Beberapa fasilitas yang ada di taman bermain Bukit Barelang seperti ayunan, seesaw, monkey bar, dan permainan uji kekuatan fisik lainnya. Terdapat juga jogging track serta kursi taman untuk beristirahat.

Namun sayangnya, untuk fasilitas seperti slide atau seluncuran sudah tidak bisa digunakan lagi, karena kondisinya yang patah. Tidak ada toilet umum di Taman Bermain Anak Bukit Barelang View.

Satu hal yang membuat saya sedikit kecewa dengan playground perumahan di atas bukit ini adalah sampah yang bertebaran. Padahal terakhir kali kesini, sekitar sebulan yang lalu kondisinya masih bersih dan cantik. Namun kemarin (27/06/24) kondisi sampah bertebaran, dan tumpukan sampah yang belum diangkut.

Bukit barelang view

Padahal tempatnya bagus dan view lautnya indah sekali lho. Sayang sekali jika harus tercemar dengan banyaknya sampah yang bertebaran. Meski sudah disediakan tempat sampah, pengunjung sepertinya belum terbiasa membuang sampah pada tempatnya.

Meski demikian, saya tetap menyukai taman Bermain Anak Bukit Barelang ini, selain karena view nya bagus, anak-anak lebih bebas bergerak karena areanya yang luas.

3. Taman Bermain Anak Puriagung


Taman bermain puriagung

Taman bermain anak gratis di Tanjung Piayu Batam berikutnya adalah Taman Bermain Puri Agung 3. Seingat saya taman bermain ini baru saja selesai pembangunannya pada awal 2024. Melihat berbagai fasilitas yang ada di playground yang ada di perumahan Puri Agung 3 ini cukup lengkap lho.

Meski tempatnya tidak terlalu luas dibanding Taman Bermain Anak Gesya dan Bukit Barelang, namun fasilitasnya lumayan banyak. Anak-anak bisa bermain slide dengan 3 jenis seluncuran sesuai usia anak. Ada juga jungkat-jungkit, ayunan, monkey bar, odong-odong, serta mini jogging track.

Taman Bermain Puri Agung ini cukup banyak dikunjungi oleh warga sekitar yang ingin anaknya menghabiskan waktu disana. Ada tempat duduk dari batu bagi orang tua yang menunggu anaknya bermain.

Taman puri agung

Sayangnya karena jumlah fasilitas yang terbatas, anak saya sering mengeluh jika ingin bermain ayunan. Jumlah ayunan yang hanya 2 buah, kalah banyak dengan anak-anak yang mengantri. Jika ingin datang kesini dalam kondisi sepi, biasanya sesaat setelah waktu ashar. Namun demikian, taman ini menjadi pilihan anak-anak sehabis pulang mengaji.

Ayo Ajak Anak Bermain Outdoor Selama Liburan!


Sekarang Moms sudah tahu kan tempat bermain anak gratis di Tanjung Piayu Batam. Mumpung masih suasana liburan, saatnya mengajak mereka mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan bermain di luar.

Menghabiskan waktu liburan dengan banyak bermain di alam bebas membuat kami tidak kehabisan ide bermain selama liburan. Alhamdulillah anak-anak tidak akan banyak terpapar gadget, asal orang tua mau menemani mereka bermain di luar.

Kalau tempat bermain anak di tempat tinggalmu, apakah mengakomodasi anak-anak bermain dengan nyaman dan aman juga? Sharing di kolom komentar ya.

Salam,
Mom Queen
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment