header

Sering Masuk Angin? Ini Penyebabnya Menurut Ustad Danu

Konten [Tampil]


Hi Moms!
Pernah nggak mengalami masuk angin? Saya termasuk jarang sekali mengalami masuk angin. Seingat saya, terakhir kali mengalami masuk angin adalah ketika saya melakukan perjalanan darat dalam kondisi perut kosong.

Saya mengalami semua ciri ciri masuk angin parah yang membuat seluruh badan terasa lemas, maklum belum sarapan. Namun setelah sarapan dan minum ramuan tradisional untuk masuk angin, saya kembali segar. Lain lagi dengan ibu saya, jika masuk angin, selain minum obat masuk angin beliau harus dikerok dulu baru sembuh. Untungnya kebiasaan ini tidak menurun pada saya, saya termasuk anti kerok hehe.

Namun, tahukah Moms ternyata masuk angin menurut ustad Danu bukan hanya disebabkan karena tanda suatu penyakit, namun terjadi karena adanya pengaruh emosi negatif yang ada di dalam diri. Lantas bagaimana pandangan media mengenai penyakit masuk angin ini? Menarik untuk kita bahas yuk!

Masuk Angin Dalam Pandangan Medis


Menurut pandangan medis tidak ada penyakit yang namanya masuk angin. Pada umumnya masyarakat awam menggunakan istilah masuk angin ketika kondisi tubuh sedang tidak fit atau daya tahan tubuh menurun. Masuk angin bisa terjadi ketika sistem imun tubuh berada dalam kondisi menurun.

Keadaan ini ditandai dengan kondisi tubuh yang meriang atau demam, serta adanya perasaan tidak nyaman di dalam diri seperti perut kembung, sering sendawa, mual dan muntah. Dengan adanya perasaan seperti ini, orang awam (termasuk saya) sering menyebutnya sebagai tanda masuk angin.

Meski bukan penyakit, namun masuk angin bisa jadi sebagai pertanda munculnya sakit yang serius. Penyakit tersebut bisa saja penyakit maag atau gangguan pencernaan, infeksi saluran pernapasan, malaria, demam berdarah (DBD), batu empedu, atau penyakit lainnya.

Nah, jika ditinjau dari sisi agama, bagaimana pandangan Islam mengenai penyakit masuk angin ini? Mom Queen tertarik untuk mengulik pendapat ustad Danu mengenai penyebab masuk angin. Kira-kira apa ya penyebab masuk angin menurut ustad Danu? Kamu penasaran nggak? Kita lanjut lagi.

Penyebab Masuk Angin Menurut Ustad Danu


Ustad Danu

Menurut ustad Danu penyebab orang sering masuk angin dikarenakan adanya energi negatif yang masuk ke dalam dirinya, energi negatif itu datang ketika seseorang sering merasa jengkel/dongkol setiap hari. Perasaan jengkel ini bisa jadi disebabkan karena rasa marah pada keluarga, pasangan, anak, atau hal lainnya.

Ketika perasaan jengkel atau marah ini muncul, energi yang ada di dalam diri orang tersebut adalah unsur negatif. Saat itulah jin masuk ke dalam dirinya. Hawa panas dari setan atau jin yang masuk ke dalam diri orang tersebut menimbulkan rasa yang tidak nyaman seperti mual, muntah, atau pusing.

Selain itu masih menurut ustad Danu, jika seseorang mengalami masuk angin hingga mual, artinya si penderita memiliki karakter yang sulit diberi nasihat atau suka ngeyel. Sedangkan, masuk angin yang disertai muntah, menurut penelitian pribadi ustad Danu disebabkan si penderita termasuk orang yang sering membantah.

Jadi bisa disimpulkan menurut penelitian ustad Danu penyebab masuk angin sangat berhubungan dengan akhlak dan karakter seseorang.

Solusinya bagaimana? Ustad Danu menyarankan selain melakukan pengobatan untuk masuk angin, si penderita hendaknya segera minta ampun pada Allah SWT, dilanjutkan dengan mohon maaf pada orang yang membuatnya merasa jengkel.

Cobalah untuk menghilangkan perasaan jengkel di dalam diri, hadapi dengan ikhlas, tenang, dan lapang dada. Lebih baik lagi jika mendoakan keluarga yang menjadi pemicu rasa jengkel itu agar menjadi orang yang sholeh dan sholehah.

Ciri-ciri Masuk Angin dan Cara Mengatasinya


Moms, meskipun secara medis masuk angin bukan merupakan penyakit, tetapi bisa jadi masuk angin merupakan penanda munculnya penyakit yang lebih serius. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengetahui ciri-ciri masuk angin.

Ciri-ciri masuk angin antara lain:
  • Badan terasa pegal linu atau nyeri
  • Biasanya disertai dengan demam atau meriang
  • Adanya perasaan tidak nyaman pada bagian perut seperti perut terasa kembung, adanya perasaan pusing, mual, bahkan ingin muntah.
  • Untuk kondisi yang parah disertai dengan menggigil hingga sesak napas.

Jika kamu sudah mengalami ciri-ciri masuk angin seperti diatas, tindakan pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengkonsumsi Jamu Komplit Tolak Angin dari Sidomuncul.

Sidomuncul

Seperti saya dulu yang masuk angin karena perut kosong, minum Jamu Komplit Sidomuncul adalah solusi cepat dan tepat. Jamu Komplit Sidomuncul dapat membantu mengatasi masuk angin serta membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Dengan ramuan tradisional yang siap seduh, Jamu Komplit Sido Muncul mengandung beras kencur, ginseng, jahe, serta madu kembang. Oh ya, kalau kamu mengkonsumsinya jangan lupa untuk membaca aturan minum sebelumnya ya.

Well, meskipun penyebab masuk angin menurut ustad Danu berhubungan dengan akhlak pribadi dan sangat mudah diatasi, namun ada baiknya disertai dengan konsumsi jamu tradisional untuk meningkatkan imun tubuh seperti Jamu Komplit Sido Muncul.

So, sekarang kalau kalau masuk angin, ingat Jamu Komplit Sidomuncul ya. Tetap jaga kesehatan, semoga sehat selalu. :)

Salam,
Mom Queen

Referensi:
YouTube ustad Danu official https://youtu.be/FIELIXbZ5rU?si=zEFXlIGErpnOERXR
https://www.alodokter.com/masuk-angin-dalam-sudut-pandang-medis

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

7 comments

  1. Wah, q kalau musim hujan lebih sering merasa meriang. Dan memang tolak angin ini jadi salah satu solusi yang selalu ada di kotak P3K. Rasanya juga enak, dan di badan juga hangat. ❤️❤️

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu ada jamu komplit dari sidomuncul, saya belum pernah mencobanya

    ReplyDelete
  3. Budaya kerokan sudah ada sejak dulu, tapi saya hampir tidak pernah kerokan bila masuk angin. Bila masuk angin tiba, minum jamu komplit Sido Muncul solusinya.

    ReplyDelete
  4. Wah mba makasii banget sudah shariniya. Aku kalau pas kecapekan atau pas lagi banyak aktivitas kadang serinh masuk angin. Kalau masuk angin sampe pusing juga bikin semua aktivitas terhambat hiks

    ReplyDelete
  5. Saya jadi ingat saat cerita sedang diare berat teman saya bilang kalau saya mungkin sedang menahan amarah yang sangat dan emosi negatif keluar dalam bentuk itu. Mungkin ada benarnya. Yang penting tetap harus diobati.

    ReplyDelete
  6. Memang segala penyakit itu awalnya bersumber dari hati kita sendiri ya mbak. Namun tak ada salahnya kalau kita juga ikhtiar dengan cara mengobati.

    ReplyDelete
  7. Benar adanya, ketika kita punya perasaan negatif terlebih iri atau dengki kepada orang lain, organ organ kita akan merespon tidak baik. Tapi ketika masalah dengan orang itu selesai, sakit pun perlahan menghilang. Tentunya langkah langkah ilmiah seperti minum penawar sakitnya, gak boleh dilupakan

    ReplyDelete

Post a Comment