header

Apa Fungsi Toner dan Serum Untuk Perawatan Wajah? Ini Toner dan Serum Rekomendasi Mom Queen

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Sebenarnya fungsi toner dan serum untuk perawatan wajah itu seberapa penting sih? Siapa disini yang sudah berusia 30 tahun plus? Mari sini kita ngumpul hehe. Di usia 30+ elastisitas dan kekencangan kulit mulai menurun. Paparan sinar matahari, radikal bebas, serta pola hidup yang kurang sehat berimbas pada kondisi kesehatan kulit. Kondisi ini akan mulai tampak terutama pada kulit area wajah.

Bagi wanita, perawatan wajah memiliki porsi penting dalam mencitrakan penampilan diri. Wajar bila wanita rela menghamburkan uang dan menahan sakit hanya untuk tampil cantik. Eh, sepertinya bukan hanya wanita ya? Laki-laki metroseksual juga doyan melakukannya sekarang hehe.

Berbicara mengenai alat tempur perawatan wajah, apa yang menjadi senjata andalan kamu? Saya akan mengesampingkan makanan sehat dan pola hidup seimbang dulu ya, meski itu termasuk bagian yang penting juga kan? Tentu setelah keduanya skinker menempati urutan paling prioritas. Setuju nggak? Nah, pokok pembahasan kali ini tentang fungsi toner dan serum.

Apa fungsi toner dan serum untuk perawatan wajah? Apakah kamu rutin menggunakannya atau hanya sesekali saja? Seberapa penting peran keduanya dalam perawatan wajah di usia yang matang ini? Menarik untuk kita dibahas yuk!

Fungsi Toner dan Serum Untuk Perawatan Wajah


Toner dan serum memiliki fungsi yang berbeda. Keduanya tentu saja saling bersinergi dalam hal perawatan wajah. Sebelum itu, sebaiknya kamu mengetahui perbedaan dan karakteristik dari kedua skinker wajah ini.

Toner, Karakteristik, dan Fungsinya


Toner adalah salah satu rangkaian penting dalam penggunaan skinker. Siapa yang selalu menggunakan toner? Yap! Toner biasa digunakan untuk pembersih, penyegar, hingga base make up agar riasan wajah lebih meresap.

Toner memiliki bahan dasar air dengan campuran bahan aktif yang membantu menyegarkan serta menjaga kelembaban kulit. Seperti kita ketahui, sehabis membersihkan wajah biasanya kulit akan terasa kering. Disinilah tugas toner untuk mengembalikan kelembaban kulit.

Tekstur toner diformulasikan lebih ringan karena mengandung banyak air. Oh ya Moms, toner terbagi menjadi 2 jenis ya:

1. Hydrating toner

 
Hydrating toner fungsinya tentu saja untuk melembabkan wajah. Toner jenis ini banyak digunakan sebagai basic make up, tujuannya agar skinker yang akan digunakan dapat meresap sempurna di wajah.

Bahan utama yang digunakan oleh hydrating toner kaya akan vitamin E serta Hyaluronic acid, yang berfungsi penting untuk mengunci kelembapan serta elastisitas kulit.

2. Exfoliating toner


Exfoliating toner yaitu toner yang berfungsi sebagai eksfoliator atau pembersih sel-sel kulit mati. Toner eksfoliasi digunakan sebagai pembersih make up pada wajah. Sifatnya yang mampu mengangkat hingga sel-sel kulit mati membuatnya dapat membersihkan make up dengan sempurna.

Bahan yang banyak digunakan pada toner eksfoliasi yaitu yang mengandung AHA dan BHA (Alpha Hydroxy Acid dan Beta-Hydroxy Acid)

Selain fungsi khusus di atas, secara umum fungsi toner adalah untuk :
  • Menyeimbangkan tingkat keasaman kulit
Keasaman kulit wajah yang terlalu asam atau basa (pH 7 netral) tentu saja dapat mengganggu produksi minyak di wajah. Wajah yang normal tentu saja dapat terhindar dari berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, hingga munculnya masalah garis halus.
  • Mengeluarkan racun sisa make up di kulit
Toner yang kaya akan kandungan vitamin E serta zat anti radikal bebas lainnya juga mampu mengeluarkan racun yang berasal dari zat kimia yang ada dalam make up.
  • Mengecilkan pori-pori
Pemakaian toner secara teratur mampu membuat wajah lebih terawat dan tampak lebih muda, apalagi yang berusia 30 tahun ke atas, pasti pori-pori makin melebar kan? Salah satu manfaat utama dari penggunaan toner adalah mengecilkan pori-pori.
  • Membantu memaksimalkan fungsi dari produk perawatan wajah lainnya.

Masih banyak manfaat lain dari toner yang bisa kamu dapatkan. Saya sendiri lebih banyak menggunakan toner hydrating dibanding toner eksfoliasi. Penggunaan toner akan tampak efeknya pada wajah jika kamu menggunakannya secara teratur.

Serum, Karakter dan Fungsinya


Serum adalah salah satu produk skinker yang dipakai membantu merawat ataupun memperbaiki kondisi kulit. Serum memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan toner, biasanya lebih oily atau gel. Namun demikian, toner tetap terasa ringan dikulit. Sifatnya yang mudah meresap membuat serum menjadi salah satu base make up yang wajib dipakai.

Kandungan umum yang terdapat pada serum selain AHA dan BHA adalah kandungan vitamin C yang dominan. Karena tujuan penggunaan serum adalah untuk membantu mengatasi permasalahan kulit seperti bintik hitam, kulit kusam,mengurangi tanda tanda penuaan, serta membantu mengembalikan elastisitas kulit.

Itulah beberapa fungsi toner dan serum yang bisa kamu ambil dari manfaat penggunaannya. Sebaiknya gunakan secara teratur, agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal ya.

Berikut ini ada beberapa toner yang akan #RekomendasiMomQueen untuk kamu. Oh ya ini berdasarkan pemakaian pribadi dan saya sudah merasakan hasilnya ya. Apa saja toner tersebut? Kamu bisa lihat dari listing berikut ya.

Rekomendasi Toner dan Serum yang Harga Minimal Hasil Maksimal


1. Theraskin Age Revival Toner Essence

 
Theraskin toner

Isi 100 mL, halal dan sudah sertifikasi BPOM dengan nomor registrasi NA18221203348

Toner dari Theraskin Age Revival mengandung Tetrapeptide, Niacinamide serta 4D Hyaluronic Acid. Komposisi yang baik ini berfungsi untuk menyegarkan, sekaligus melembabkan serta mencerahkan kulit.

Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu setelah melakukan cuci muka dengan facial foam atau sabun pencuci muka, keringkan wajah dengan handuk lembut. Semprotkan Theraskin Age Revival Toner Essence ke wajah, tepuk-tepuk dengan tangan agar meresap sempurna. Diamkan 2-3 menit, lanjutkan dengan pemakaian make up rutin.

Dengan wangi yang menyegarkan, toner essence dari Theraskin ini menjadi langkah awal saya sebelum menggunakan make up rutin. Hasilnya membuat riasan lebih meresap dan menyatu di kulit. Mudah ngeblend dan kulit terasa lebih lembab.

Berapa harga Theraskin Age Revival Toner Essence?


Harga Theraskin Age Revival Toner Essence Rp 76.000,- (normal). Tetapi kadang-kadang official store Theraskin sering memberikan diskon hingga 50% lho. Kalau mau beli toner Theraskin mumpung besok promo angka kembar lho.

2. Saviosa Hydra Glow Toner


Saviosa toner

Isi 80 ml, halal dan sudah tersertifikasi oleh BPOM dengan nomor NA 18231201552

Saviosa Hydra Glow toner mengandung bahan alami Niacinamide, Licorice root, Aloe Barbadensis serta Sodium Hyaluronate. Kedua bahan terakhir yang saya sebutkan berfungsi untuk menghidrasi sekaligus melembabkan kulit. Sedangkan Niacinamide serta Licorice root berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah.

Penggunaan pribadi untuk 80 mL toner Saviosa ini bertahan hingga 60-70 hari. Wow lama juga ya hehe. Yang saya suka dari Saviosa ini wanginya alami banget, bahkan bisa dikatakan tanpa pewangi sama sekali. Semua jenis kulit bisa menggunakan toner ini.

Berapa harga Saviosa Hydra Glow Toner?


Harga Saviosa Hydra Glow Toner di official store nya adalah Rp 99.000,-. Namun, kadang juga toko official juga sering memberikan diskon atau penjualan bundling, tentu saja harganya jadi lebih murah. Sering-sering lahla memantau toko official Saviosa.

Itulah beberapa #RekomendasiToner essence yang Mom Queen pernah coba ya. Kalau kamu masih bingung pilih toner yang mana? Kamu bisa membaca detail produk secara teliti, adakah kandungan yang membuat kulit kamu bereaksi. Sebaiknya kamu juga berkonsultasi dengan pakar kecantikan sebelum kamu menggunakan skinker, jika kamu berkulit sensitif.

Berdasarkan penggunaan pribadi semua produk skinker diatas telah lolos uji di kulit saya yang sensitif. Biasanya kulit saya termasuk yang rewel dengan bahan tertentu pada skinker. Akan terasa radang atau bentol-bentol jika terdapat bahan yang tidak di approved di kulit saya. Alhamdulillah semua produk di atas, aman dan hasilnya cukup bagus.

Kamu bisa coba salah satunya dan rasakan manfaat maksimal dari fungsi toner dan serum untuk kulit wajah agar tampak lebih muda. Tua itu hanya usia, tapi penampilan murni karena perawatan. Setuju?

Salam,
Mom Queen

Referensi
https://shope.ee/3q0ojrOcfH
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

Post a Comment