header

5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal Secara Alami

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Kulit kering dan gatal memang bisa menjadi masalah yang mengganggu penampilan dan kenyamanan. Apalagi jika kulit yang bermasalah malah terdapat di bagian wajah. Sungguh sangat mengganggu rasa percaya diri. Nah kamu mau tahu nggak bagaimana cara mengatasi kulit kering dan gatal secara alami?

Gatal

Kulit kering biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Baik faktor internal seperti kurangnya konsumsi cairan, makanan sehat, dan masalah kesehatan tubuh. Sedangkan penyebab dari faktor eksternal seperti lingkungan berpolusi, debu, hingga paparan sinar matahari.

Kulit yang kering memang mengganggu penampilan, terutama apabila kulit kering disertai dengan rasa gatal dan ruam. Hal ini tentu saja dapat mengurangi rasa percaya diri. Mari kita lihat apa saja penyebab kulit kering dan gatal? Serta bagaimana pula cara mengatasi kulit kering dan gatal secara alami?

Penyebab Kulit Kering dan Gatal


Kulit kering
Ilustrasi kulit kering (foto by canva.com)

Dilansir dari healthline.com problem kulit kering hampir normal dialami oleh semua orang. Beberapa faktor berikut ini penyebab masalah kulit kering disertai gatal.

1. Kurang Cairan


Kekurangan cairan dapat menjadi penyebab utama kulit menjadi kering. Kulit yang kering dapat menimbulkan ruam kulit dan rasa gatal. Penyebabnya selain karena faktor usia, kekurangan cairan menjadi penentu kelembaban kulit.

Penelitian William S dan rekan dari Universitas Hamburg, Jerman menyebutkan bahwa sekelompok orang yang mengkonsumsi air sebanyak 2,25 L setiap hari selama 4 minggu, berdampak pada peningkatan kadar air pada epidermis, sehingga densitas kulit meningkat serta kulit tampak lebih halus. 
 
Hayo, siapa yang masih malas minum air putih?!

2. Over Eksfoliasi


Over eksfoliasi atau pengelupasan kulit yang ekstrim karena penggunaan skincare juga bisa menjadikan kulit kehilangan kelembaban secara alami lho. Sebaiknya kamu mengatur jarak untuk eksfoliasi ya. Sebaiknya sebelum melakukan eksfoliasi, kamu juga memperhatikan 'suara' kulit kamu. Jangan sampai menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya.

3. Sering Terpapar Sinar Matahari


Terlalu sering terpapar sinar matahari juga menyebabkan kulit kering. Bukan hanya kering, tetapi juga kulit menjadi tampak gelap dan kusam. Hindari terkena sinar matahari langsung ya Moms. Apalagi bagi pemilik kulit yang sensitif.
Penelitian Mac‐Mary S dan kawan-kawan menyebutkan radiasi sinar matahari dapat mempercepat proses pembentukan kerutan-kerutan kulit, seperti fine wrinkles (kerutan halus).

4. Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC


Bagi pekerja kantoran atau yang biasa beraktivitas di ruangan ber-ac, sudah lumrah jika mengalami kulit kering. Kondisi udara ac yang sejuk dapat menyebabkan kulit jadi mudah kehilangan kelembabannya.

5. Gangguan Kesehatan


Gangguan masalah kesehatan tertentu juga bisa menyebabkan masalah kulit. Seperti karena paparan bahan kimia tertentu dan penggunaan obat-obatan termasuk karena terhadap reaksi obat. 

6. Faktor Usia


Tak dapat dipungkiri bila faktor usia juga menjadi penyebab utama kulit kering lho. Ketika memasuki usia 30-an kulit akan mulai kehilangan kemampuannya memproduksi minyak. Hal ini yang menjadikan kulit mudah kering dan mulai tampak garis halus. pada beberapa kondisi. kulit yang kekurangan cairan akan muncul masalah baru seperti ruam kulit, hingga rasa gatal.

Itulah beberapa penyebab kulit kering dan gatal yang sering terjadi. Nah bagaimana cara mengatasi kulit kering dan gatal secara alami? Kita lanjutkan bahasannya yuk!

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal Secara Alami


Cara mengatasi kulit kering dan gatal secara alami

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh


Kebutuhan cairan tubuh normal bagi setiap orang rata-rata adalah minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Sebaiknya kamu memiliki tumbler atau botol minum yang memadai untuk memudahkan menakar jumlah konsumsi air.

2. Konsumsi Makanan Sehat


Memulai gaya hidup sehat dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang adalah salah satu cara mengatasi kulit kering dan gatal secara alami. Penuh gizi seimbang dengan cukup konsumsi buah dan sayuran, serta kurangi makanan instan dan mengandung bahan pengawet.

3. Masker Buah


Siapa yang sampai sekarang masih menggunakan masker wajah alami dari buahnya langsung? Masker buah maksudnya membuat masker dari buah segar ya. Misal membuat masker bengkoang yang dibuat dari buah bengkoang yang dihaluskan, atau masker tomat dari buah tomat yang diiris dan semisal. Masker buah dapat membantu menghidrasi kulit yang kekurangan cairan lho.

4. Gunakan Pelindung Tubuh


Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung tubuh tubuh yang nyaman saat harus beraktivitas di luar ruangan. Pakaian yang menutup tubuh dapat membantu mengurangi sengatan matahari yang menyebabkan kulit kering. Pada bagian wajah sebaiknya menggunakan sunscreen minimal SPF 30 untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV.

5. Gunakan Pelembab Tubuh


Pelembab kulit

Nah, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit. Terutama kulit wajah yang rentan terkena masalah kulit kering dan gatal. Kamu juga bisa mengecek rekomendasi pelembab yang cocok untuk kulit kering ya.

Penutup


Cara mengatasi kulit kering dan gatal secara alami dapat dilakukan dengan cara-cara yang mudah. Namun seringkali kita mengabaikan cara tersebut.

Saran Mom Queen sebelum mengalami kulit kering yang berujung gatal dan ruam, tak ada salahnya Moms menerapkan tips di atas. Bisa juga menggunakan pelembab yang sesuai dengan masalah kulit. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

Referensi:
Williams S, Krueger N, Davids M, Kraus D, Kerscher M. Effect of fluid intake on skin physiology: distinct differences between drinking mineral water and tap water.
International journal of cosmetic science. 2007 ;29(2):131-8
Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

3 comments

  1. Terima kasih pas banget ini sama keadaan sekarang

    ReplyDelete
  2. Wah, aku banget nih mba. Kulit terasa kering di cuaca Surabaya yang super duper panas. Jadi kemana-kemana bawa minum air putih dan lotion untuk menjaga kelembaban kulit.

    Tips nya mudah dan bisa banget diterapin sehari-hari, menarik untuk dicoba nih mba.
    Terima kasih tips nya mba.

    ReplyDelete
  3. Setelah memasuki usia kepala tiga, memang rasanya kulit tidak seelastis dan sesegar dulu. Apalagi kalau gatal menyerang, saya suka tidak sadar mengeluarkan tenaga dalam, jadi malah suka perih kulitnya. Dan, penyembuhannya pun sekarang jadi lebih lama. Harus dikencengin minum air putih dan konsumsi buah sayurnya, nih.

    ReplyDelete

Post a Comment