header

5 Cara Memulai Bisnis Fashion Online, Coba Jasa Print Hijab Premori!

Konten [Tampil]

Hi Moms!
Cara memulai bisnis fashion online tentu harus tahu triknya. Tujuannya agar usaha yang kita lakukan tidak buang-buang waktu serta biaya saja. Nyesel banget baru tahu sekarang, kalau ada jasa print hijab dan konsultan bisnis fashion muslim dari Premori.id

Premori.id

Intermezo sedikit ya, di tahun 2018 hingga tahun 2021 Mom Queen pernah berkecimpung di bisnis fashion muslim, khususnya hijab anak. Saat itu usaha fashion ini dijalankan sembari masih berstatus sebagai pekerja kantoran. Hasilnya lumayan juga, dari modal Rp 300 ribuan, bisa menghasilkan omset dua kali modal setiap bulannya.

Namun, namanya usaha sampingan ya, Mom Queen tidak menganggapnya sebagai usaha yang harus dikerjakan secara serius. Hingga merasakan kejenuhan. Bukan bisnisnya yang jenuh, tapi perasaan Mom Queen yang jenuh dengan aktivitas penjualan, apalagi dengan naik turunnya omset.

Kejenuhan makin bertambah karena hampir 80% usaha ini masih di-handle secara mandiri, ini yang sangat melelahkan. Makanya lama kelamaan, Mom Queen kehilangan motivasi, hingga usaha ini akhirnya terhenti.

Itulah mengapa sebelum memulai bisnis, ada baiknya kita memiliki komunitas atau pembimbing yang bisa memotivasi kita menekuni usaha tersebut. Karena peluang bisnis fashion muslim di Indonesia itu cukup menjanjikan. Apalagi secara kuantitas, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Target marketnya terbuka lebar.

Bahkan Presiden RI, Bapak Jokowi Widodo pernah mengatakan dirinya berharap Indonesia bisa menjadi pusat fashion muslim di tahun 2025. Harapan ini disampaikan oleh bapak Jokowi pada pembukaan Muslim fashion festival (Muffest) 2018 lalu.

Nah, menurut Mom Queen harapan ini bukan tidak mungkin terjadi, karena memang Indonesia memiliki potensi serta desainer-desainer muslim yang handal. Setiap tahun jumlah pebisnis fashion muslim semakin bertambah. Apakah Moms salah satunya?

Bagi Moms yang baru atau hendak berbisnis fashion online maupun offline sebaiknya perhatikan cara memulai bisnis fashion berikut ini ya.

Cara Memulai Bisnis Fashion Online dan Offline


Moms, tips ini Mom Queen dapatkan ketika mengikuti kelas Bengkel Diri bersama Ummu Balqis. Saat itu ada kelas mompreneur agar berdaya dari rumah. Nah berikut tipsnya.

1. Buat Bisnis Plan


bisnis plan

Sebelum memulai bisnis fashion sebaiknya Moms membuat sebuah bisnis plan. Bisnis plan dimulai dari riset pasar misalnya dengan memperhatikan trend warna, jenis bahan, model, serta motif yang sedang hype. Jenis hijab atau fashion apa yang lagi digemari.

Jangan lupa juga untuk menentukan target market. Apakah produk yang dibuat akan menyasar pada pembeli kelas menengah atas atau menengah ke bawah? Apakah akan membuat produk dengan kualitas standar atau premium? Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan range harga yang dibidik.

2. Miliki Signature Brand


Jenis fashion apa yang menjadi signature atau identitas brand kamu. Misalnya dulu Mom Queen membuat daily hijab anak sebagai signature brand. Walaupun di tengah jalan nantinya, Moms ingin menambah produk lain seperti baju atau produk fashion lain, tetapi jadikan signature brand sebagai identitas brand kamu.

3. Persiapkan Modal dan Tim


modal usaha

Moms meskipun awalnya kamu ingin membuka usaha secara minimalis, tidak ada salahnya kamu memiliki rincian modal dan catatan tim yang bertugas. Jujur, mengurusi bisnis fashion tidak sesimpel yang kita bayangkan, apalagi jika Moms masih multi tasking mengurusi anak-anak dan rumah tangga hehe. Persiapkan modal yang cukup serta tim untuk mendukung kelancaran usaha ya.

4. Tentukan Jenis Platform Pemasaran


pemasaran usaha

Menentukan jenis platform pemasaran adalah salah satu cara memulai bisnis fashion online dan offline agar tetap survive. Agar penjualan makin laris manis, kamu bisa memanfaatkan kekuatan digital marketing.

Moms bisa menggunakan platform media digital seperti marketplace, website, dan media sosial untuk mendukung perkembangan bisnis. Oh ya, meski marketplace dianggap menjanjikan untuk bisa meningkatkan penjualan, namun memiliki website toko online sendiri tetap lebih powerful lho.

5. Konsultasi dengan Ahlinya


konsultan bisnis

Jika boleh memberi saran, sebelum Moms memulai bisnis fashion ada baiknya berkonsultasi pada orang atau ahli yang berkompeten di bidangnya. Karena pengalaman Mom Queen, banyak sekali 'kejutan-kejutan' yang terjadi on the spot, ketika kita menjalani bisnis fashion tanpa persiapan yang matang.

Jika mengingat pengalaman bisnis fashion Mom Queen beberapa tahun lalu, saya mengesampingkan meminta pendapat dari ahlinya. Karena memang minimnya informasi yang Mom Queen miliki.

Mom Queen merasa sudah cukup dengan ilmu yang dipelajari dari webinar dan hasil baca-baca seadanya via Google hehe. Dan ternyata di tengah jalan usaha, Mom Queen merasa seperti mobil yang kehilangan arah, tak tahu hendak kemana usahanya.

Makanya ketika omset bisnis fashion sedang turun, Mom Queen tak tahu harus melakukan inovasi apa lagi. Segala cara sudah dilakukan ((perasaan sih hehe)) tapi tak juga mendongkrak usaha, hingga Mom Queen menyerah dan menghibahkan bisnis ini pada saudara.

Andai pada waktu itu Mom Queen memiliki  informasi tentang jasa konsultasi bisnis fashion muslim dari Premori tentu ceritanya tak begini hehe. Nah jangan sampai apa yang Mom Queen alami dulu menimpa Moms semua, makanya bagi kamu yang membutuhkan jasa print hijab atau mau berkonsultasi bisnis fashion bisa langsung ke Premori.id

Premori, Konsultan dan Vendor Spesialis Fashion Muslim


jasa hijab print

Premori adalah konsultan serta vendor spesialis bisnis fashion khususnya fashion muslim. Dengan pengalaman di bisnis fashion selama bertahun-tahun, kredibilitas Premori tidak diragukan lagi. Premori sudah bekerja sama dengan ratusan merk fashion muslim lho. Hingga saat ini tercatat lebih dari 750 brand telah bekerja sama dengan Premori. Waw! Luar biasa ya :)

Awal pendiriannya, Premori berdiri dengan nama Toko Kain Murah (TKM) di tahun 2016. Toko Kain Murah (TKM) menyediakan berbagai bahan kain dengan kualitas terbaik. Kemudian di tahun 2021, Toko Kain Murah melakukan rebranding dengan nama Premori.

Premori juga kerap melakukan pelatihan serta seminar dan workshop tentang bisnis fashion. Nah bagi Moms yang tertarik untuk menggeluti bisnis fashion, tepat sekali kalau kamu membaca artikel ini.

Mom Queen melihat mengapa kamu perlu menjadikan Premori sebagai partner bisnis fashion kamu karena beberapa alasan berikut.

1. Premori Memberi Edukasi Kepada Pebisnis


premori.id

Premori menjadikan pelanggan sebagai mitra bisnisnya. Terbukti Premori merupakan platform tepercaya untuk mengkurasi dan mengedukasi tentang seluk beluk fashion. Mulai dari bahan material kain hingga bisnis fashion.

2. Menyediakan Konsultasi Privat Gratis


Bagi Moms yang baru atau akan memulai bisnis fashion, kamu bisa berkonsultasi gratis di Premori lho. Dengan pengalaman sejak tahun 2016 hingga saat ini Premori sangat bisa diandalkan. Lagian kapan lagi bisa dapat konsultasi bisnis gratis hehe. 

3. Solusi Bisnis Fashion


Sebagai orang yang pernah bergelut di bisnis fashion muslim, Mom Queen tentu senang sekali ketika bertemu dengan partner usaha yang dapat menjadi solusi bisnis kita. Nah tentu saja Moms bisa menjadikan Premori sebagai solusi bisnis fashion kamu. Mengapa? Mom Queen spill alasannya berikut ini ya.

Premori Solusi Bisnis Fashion, Ada Jasa Print Hijab juga lho!


Moms, Premori bisa dijadikan solusi bisnis fashion kamu lho. Beberapa layanan yang diberikan oleh Premori sangat membantu untuk support perkembangan bisnis fashion. Salah satu yang bisa kamu coba adalah jasa print hijab dari Premori.

hijab print

Jasa print hijab merupakan elemen pendukung yang sangat penting dalam bisnis fashion hijab. Premori adalah salah pioner jasa print hijab yang ada di Indonesia. Bagi Moms yang ingin memulai bisnis hijab printing kamu bisa menjadikan Premori sebagai vendor jasa hijab print kamu ya.

Berapa harga jasa print hijab di Premori?


Untuk jasa print hijab di Premori harganya mulai dari Rp 99 ribu lho tanpa minimal order. Untuk material hijab print bisa dari berbagai macam kain voal. Kualitas printing dari Premori tentu saja sesuai namanya, premium dan original.

harga jasa hijab print

Oh ya, bagi Moms yang ingin langsung jualan saja tanpa ribet masalah produksi, kamu bisa pilih paket all in dari Premori. Paket all in sudah tersedia kain+print dan finishing dengan laser cut/jahit tepi. Jadi Moms tinggal jualan saja. Lebih jelasnya kamu bisa kontak Premori di alamat atau no whatsApp di bagian akhir tulisan ini ya.

Moms, selain sebagai konsultan dan jasa print hijab, Premori juga menyediakan berbagai solusi bisnis fashion muslim lainnya. Solusi lain yang bisa kamu dapatkan di Premori seperti:

1. Finishing Fashion


Premori juga melayani finishing produk fashion muslim seperti cutting laser, eyelash, crochet, jahit tepi dan lainnya. Finishing produk ini tanpa minimal order dan melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Untuk kainnya, bisa dari kamu atau dari Premori. Solutif banget ya, untuk yang pengiriman jarak jauh!

2. Vendor Bahan Fashion


Premori juga sebagai vendor bahan fashion lho seperti menyediakan semua jenis kain fashion. Kualitas kain fashion yang disediakan Premori memiliki kualitas terbaik. 

3. Edukasi


Selain sebagai vendor bahan hijab, jasa print hijab, serta konsultan bisnis fashion, Premori juga menyediakan edukasi bisnis fashion seperti buku, konsultasi dan mentoring, hingga workshop bisnis fashion muslim. Mom Queen cukup sering mendengar Premori mengatakan workshop offline. Wah ini sih berguna banget ya Moms!

Semua jenis layanan yang tersedia di Premori ini tentunya sangat membantu bagi pebisnis pemula. Seperti yang sudah Mom Queen spill di awal, pengalaman ketika membuka bisnis fashion hijab anak dulu, semua dilakukan sendiri tanpa ada yang membimbing, tentu saja mudah kehilangan arah.

Makanya ketika tahu Premori menyediakan layanan konsultasi dan mentoring khusus fashion muslim sekaligus penyedia jasa print hijab, tentu saja ini adalah angin segar. Apalagi bagi pebisnis pemula

Kapan lagi kita bisa belajar dari ahlinya yang telah malang melintang di dunia fashion, ya kan? So mumpung dapat informasinya sekarang, kamu bisa konsultasi gratis dulu Moms. Jika Moms membutuhkan bantuan Premori, baik untuk jasa print hijab atau konsultasi bisnis fashion, silakan menghubungi kontak berikut ini ya.

Premori
Jalan Siwalankerto Timur IV no.4
Surabaya
Telepon +6281333222960
website www.premori.id
Instagram @premori

Cara memulai bisnis fashion online maupun offline memiliki tantangan tersendiri. Segala tantangan bisa teratasi jika kamu sudah menguasai trik bisnis sejak awal.

Bagi Moms yang ingin atau baru memulai bisnis fashion, kamu bisa menambahkan Premori.id sebagai salah satu vendor jasa print hijab dan konsultan bisnis fashion kamu. Semoga kehadiran Premori dapat menjadi salah satu support system untuk membantu mengembangkan usaha fashion muslim ya. Semoga bermanfaat.

Salam,
Mom Queen

Phai Yunita S Wijaya
Hi Im Yunniew, ibu dengan 3 orang anak yang memiliki hobby menulis dan literasi. Marriage and parenting enthusiast, Womanpreneur dan Consultant franchise Laundry and minimarket, ibu pembelajar, dan tukang review produk temen :)

Related Posts

25 comments

  1. Praktis banget sekarang kalau ingin usaha fashion ya, terutama yang masih awam banget untuk mulai bisnis. Karena bisa coba konsul di Premori.

    ReplyDelete
  2. kenapa baru kasih tau sekarang kakak, huhuhu kan informatif banget saya jadi tau tujuan saya ke depannya apa. Makasihh yaa inspiratuf dan edukatif banget saya jadi mau bikin usaha hijab print nih.

    ReplyDelete
  3. Kita sepertinya sama dalam jenis usaha dan lokasi usaha ( surabaya). Salam kenal dan semoga bisa bermitra dalam usaha.

    ReplyDelete
  4. Masyaallah keren banget sih kak... udh kerja kantoran terus lanjut punya bisnis, IRT pula. Hebat....

    Tapi memang gitu sih, kadang kalau jualan omzetnya naik turun jd bikin kita kurang greget gitu... gak apa kok kak... akhirnya bisnismu berhenti, siapa tahu di tahun ini kk punya ide bisnis yg lain lg, dan smg omzetnya bukan naik turun tp naik terus... hehehe aamiin.


    harga di print hijab di premori nggak gitu mahal sih ya kak. 99K kita bs dpt print hijab, finishing, dll.

    ReplyDelete
  5. komunitas usaha memang diperlukan saat menjajal bisnis karena selain punya kesempatan untuk berdiskusi juga memiliki teman yang saking memberi semangat..

    ReplyDelete
  6. Premori telah berkerjasama dengan lebih dari 750 merek fashion muslim, ini menunjukkan kredibilitas dan pengalaman yang mengesankan. Coba saya cek terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  7. wow...
    komplit buangeetts tipsnya bos.....
    luar biasa. jadi terinspirasi bikin hijab yang berkearifan lokal.
    keren dan masih sudah berbagi
    salam rahayu
    wahono secret

    ReplyDelete
  8. waaah , tren berhijab dengan model printing sepertinya sedang booming ya. ini kesempatan untuk mulai berbisnis. Asal diperhatikan bener kedepannya yah

    ReplyDelete
  9. Kalo dalam bisnis itu satu hal yang wajib banget ada, masalah dan cara menyelesaikannya. tahu itu pasti bisa berbisnis.

    ReplyDelete
  10. Nah ini, Perencanaan Bisnis. Inilah yang kadangkala dianggap sepele, atau bahkan dilupakan tatkala memulai sebuah bisnis.

    ReplyDelete
  11. Sangat menarik ya Kak bisnis ini. Kebayang betapa banyak pahala jariyah para pebisnis jasa print hijab ini ya. Tapi apakah saat ini persaingannya masih belum terlalu ketat Kak?

    ReplyDelete
  12. Fashion memang industri bisnis yang banyak customer segment nya oleh karena itu bisnis dalam artikel ini sangat cocok buat saat ini

    ReplyDelete
  13. Selalu suka bahasan tentang bisnis. Terima kasih moms sharingnya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  14. Mom Queen artikelnya bermanfaat banget untuk moms yang ingin bisnis tapi bingung mulai dari mana. Ilmu sudah ada, jaringan bisnis juga siap, tinggal aksi dengan bismillah !

    ReplyDelete
  15. wah menarik juga bisnis printing hijab dari premorinya, bisa jadi solusi buat yang mau bikin bisnis sampingan.

    ReplyDelete
  16. Bisnis jilbab termasuk islamic fashion lainnya prospeknya sangat bagus jadi tergantung kreativitas si penjual bagaimana memenuhi customer satisfaction, keren dan berkah

    ReplyDelete
  17. Dulu pernah menekuni bisnis hijab gini, tapi karena kurang berilmu, jadinya kandas setelah jalan beberapa tahun. Butuh konsistensi tinggi, tak lelah mengikuti trend, dan klo bisa sih jadi trendsetter yaa..

    ReplyDelete
  18. Naik turun omset sih wajar yah, mom. Cuma memang kadang kitanya aja yg jadi ikutan naik turun iman, haha..

    Tapi sekarang sih mau berbisnis apa aja jadi lebih gampang dan terarah. Termasuk fashion, bisa banget pake jasa print hijab.

    ReplyDelete
  19. Kaaakk... kenapa baru sekarang kasih infonya. Ini informasi yang aku cari2 selama ini... huhuuhu... akhirnya ketemua juga yang aku cari2... thanks kak....

    ReplyDelete
  20. Aku jadi mencermati perkembangannya Premori ini deh. Keren sih, dari awalnya Toko Kain Murah, jadi bisa memberi edukasi dan membantu para pebisnis pemula mengembangkan bisnisnya. Semoga dengan kebermanfaatannya tersebut, bisa mendatangkan keberkahan dan kepercayaan banyak pengusaha fashion ya :D

    Bukan tidak mungkin mimpi Indonesia menjadi kiblat fashion akan tercapai suatu saat nanti ;)

    ReplyDelete
  21. Kren banget ada layanan kaya gini untuk industri hijab. Jadi ngga perlu susah-susah nyari vendor untuk jahit, bahan, print, dsb.

    ReplyDelete
  22. Wah aku pikir bisnis fashion ya sekedar jualan, bikin bussiness plan dll. Ternyata ada konsultan khusus ya. Kalau pake konsultan gini kita harusnya lebih aman ya, soalnya dikasih tips dan tinggal diimplementasikan

    ReplyDelete
  23. Bisnis fashion memang salah satu dari tiga bisnis yang gak ada matinya, selain food dan kesehatan

    ReplyDelete
  24. Jasa print hijab ini yang membuat hijab yang kita jual beda dengan toko lain ya. Memang usaha yang paling sulit adalah konsisten. Dan kalau ikut konsultasi usaha seperti ini bisa menambah ilmu dan tips n trik untuk menjalankan usaha ya.

    ReplyDelete
  25. Menemukan signature brand itu gak semudah kelihatannya.. Brand harus punya USP tersendiri.. Rekomendasi nya keren nih, bisa nambah nambah marketing jadi lebih jos

    ReplyDelete

Post a Comment